"Wellcome to Mulyani Anggy Putri Education (Mulyani AGP Education) blog"

Kotak Pencarian

Memuat...

Jumat, 23 Desember 2011

RPP Bahasa Inggris Kelas 3 Sekolah Dasar (Tugas Mata Kuliah Media Pembelajaran)

PENGGUNAAN MEDIA PAPAN TULIS PUTIH
DAN MEDIA GRAFIS  FLASHCARD DI RUANG KELAS
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
PADA MATERI ANIMALS
SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR


Dalam menyajikan materi tentang hewan ini, saya menggunakan  beberapa media yakni Papan tulis, Poster hewan, dan flashcard dengan alasan dan ketentuan yang dapat di ilustrasikan sebagai berikut:

1.      Penggunaan papan tulis putih (whiteboard) di dalam kelas
Mengapa saya memilih media Papan tulis (whiteboard)? Karena media Papan tulis (whiteboard) dapat dijadikan sebagai perangkat pengajaran yang baik dan efektif bila dilakukan secara sungguh-sungguh. Dalam buku Smaldino ada beberapa petunjuk penggunaan media papan tulis di dalam kelas:
ü  Aturlah sebelumnya apa yang anda ingin tulis dipapan dimana anda rencanakan untuk menuliskannya.
ü  Buatlah coretan atau tulisan ekstensif di papan sebelum dimulainya. Menyisihkan terlalu banyak waktu untuk menulis atau menggambar memunculkan kegaduhan dan mungkin menimbulkan masalah.
ü  Kontak mata dengan para siswa adalah  penting! Hadap ke audiensi di kelas saat anda berbicara. Jangan bicara dengan papan. Jangan punggungi seisi kelas kecuali kalau itu memang diperlukan.
ü  Jangan terlalu berlebihan atau bergantung sepenuhnya pada papan, gunakan media lainnya selama pengajaran jika perlu.
ü  Periksalah visibilitas papan dari beberapa posisi disekitar ruangan agar yakin tidak ada tempat yang silau. Jika silau pindahkan papan (jika portabel) atau tutuplah tirai.
ü  Jika cetakan anda biasanya menaik atau menurun, gunakan spidol berujung felt yang larut air sebagai panduan sementara untuk cetakan yang lebih lurus
ü  Pegang spidol pada sebuah sudut sehingga tidak membuat goresan atau suara mendesis karena ditekan.
ü  Gunakan warna untuk penekanan, tapi jangan berlebihan menggunakannya.
ü  Jangan berdiri didepan papan yang anda tulis, bergeraklah berpindah-pindah.

2.      Penggunaan Media Grafis flashcard
Mengapa saya menggunakan media grafis FLASH CARDS/ Kartu cepat/Atau kartu kilat? Karena Penggunaan flashcards dalam belajar secara umum digunakan bagi young learners, khususnya berkaitan dengan memorization (pengingat). Teori multiple intelligence yang dikemukakan oleh Howard Gardener mengingatkan para guru tentang siswa yang memiliki tipe belajar yang berbeda. Penelitian yang diadakan oleh Gardener mengindikasikan bahwa dalam PBM, guru idealnya bisa mengakomodir tipe-tipe yang berbeda tersebut. Karena sebagian besar anak-anak adalah visual learners maka penggunaan kartu bergambar dengan warna-warna menarik bisa sangat bermanfaat untuk mengajar mereka.
Flash cards adalah media yang sederhana dalam bentuk kartu bergambar (pictorial cards) namun sangat bermanfaat untuk menampilkan dan melatih kosa kata (vocabulary). Flash cards merupakan media yang tepat untuk membantu siswa/anak mengingat dan mempelajari informasi baru. Kartu ini mudah dibuat dan digunakan. Selain itu Flashcards seringkali digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris Tapi bukan berarti tidak bisa digunakan dalam bidang yang lain. Bidang study apapun bisa memanfaatkan media ini. Flashcards pun juga bisa digunakan untuk menciptakan memory games, review quizzes (pengulangan pelajaran di sekolah), guessing games (tebak-tebakan), bahkan untuk memperkenalkan topik diskusi.
Adapun Kelebihan flashcard :
Ø  Mudah dibawa-bawa
Ø  Praktis
Ø  Gampang diingat
Ø  Menyenangkan

Cara pembuatan flash card :
Ø  Siapkan kertas tebal
Ø  Tandai kertas sehingga kertas berukuran 25×30 cm
Ø  Potong kertas
Ø  Tempelkan atau buat objek dikertas tersebut
Ø  Beri tulisan

Persiapan penggunaan :
Ø  Mempersiapkan diri
Ø  Mempersiapan flashcard
Ø  Mempersiapkan tempat
Ø  Mempersiapkan siswa

Cara penggunaan :
Ø  Kartu yang telah disusun pegang setinggi dada dan dihadapkan ke siswa
Ø  Cabut satu persatu kartu selesai guru menerangkan
Ø  Berikan kartu yang telah diterangkan kepada siswa
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah      : SD Negeri 111 Pekanbaru
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris
Kelas/Semester    : III/I
Alokasi Waktu      : 1 X pertemuan (2 X 35 menit)

Standar Kompetetensi:
Mendengarkan
o   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam kontek sekitar peserta didik
Berbicara
o   Mengungkapkan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Membaca
o   Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Menulis
o   Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar:
o   Merespon dengan mengulang kosakata atau kalimat baru berkenaan dengan nama hewan dengan ucapan lantang
o   Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: menanyakan dan memberi informasi tentang nama hewan
o   Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan, dan intonasi yang tepat nama hewan
o   Memahami tulisan nama hewan secara tepat dan berterima
o   Menyusun huruf menjadi kata nama hewan dengan tepat

Indikator:  Siswa dapat:
o   Mengidentifikasi nama-nama hewan yang diperdengarkan
o   Melafalkan nama-nama hewan
o   Bertanya jawab tentang nama-nama hewan dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat.
o   Menuliskan nama-nama hewan dengan ejaan yang tepat

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa mampu:
1.     Menyebutkan dan membedakan nama dan jenis hewan.
2.     Bertanya jawab tentang nama-nama hewan dengan pengucapan, lafal, dan intonasi yang tepat.
3.     Mengidentifikasi dan mengetahui jenis hewan-hewan yang dilindungi.
4.     Menuliskan nama-nama hewan dengan ejaan yang tepat dan dengan memperhatikan kerapian dan kebersihan tulisan.
5.     Secara berpasangan siswa saling berbagi informasi mengenai jenis-jenis hewan buas/liar dan hewan jinak.

B.    Materi Pembelajaran
KINDS OF ANIMALS

I.                    Jenis hewan buas/liar (wild animals)
·       Snake /snek/ = ular
·       Lion /laien/ = singa
·       Bear /bea/   = beruang
·       Crocodile /krokedail = buaya
·       Wolf /wulf/ = srigala
·       Rhinoceros /rainoseres/  = badak.
·       Bull/bul/ = banteng
·       Leopard = macan tutul
·       Ape /eip/ = kera besar
·       Comodo/komodo/ = komodo

II.                 Jenis hewan jinak (tame animals)
                                           ·            Duck/ dak/= bebek
                                           ·            Dog /dog/  = anjing
                                           ·            Hen /hen/ = ayam betina
                                           ·            Cock /kok/ = ayam jantan
                                           ·            Cow / kau/ = sapi
                                           ·            Goat / gout/  = kambing
                                           ·            Buffalo/bafelou/ = kerbau
                                           ·            Rabbit/ raebit/ = kelinci
                                           ·            Bird/be:d/ = burung
                                           ·            Cat /kaet/ = kucing

III.              Pelajarilah penjelasan berikut ini !
1.     Untuk menanyakan suatu hewan, digunakan kalimat:
What is that/this?
That is a cow
This is a hen
Atau
What is it?
It is a duck
2.     Jika jumlah hewan yang ditanya lebih dari satu, digunakan kalimat:
What are they ?
They are ducks
3.     Untuk menanyakan apakah suatu hewan termasuk buas (liar) atau jinak (tame), digunakan kalimat:
Is a .... wild/tame?
Is a bird tame?
Yes, it is
Is a crocodile tame?
No, It is not

C.    Metode Pembelajaran

Tatap Muka
Mendapatkan model-model pengucapan dan tindakan dari guru, terutama dalam:
o   Mengidentifikasi nama-nama hewan dengan benar
o   Melafalkan nama-nama hewan dengan benar
o   Melakukan tindak tutur bertanya dan menjawab tentang hewan
o   Menuliskan nama-nama hewan dengan ejaan yang tepat

Terstruktur
o   Menuliskan 10 nama-nama hewan buas/liar (wild animals) dan 10 nama-nama hewan jinak (tame animals)
Mandiri
o   Menghafal nama-nama hewan  yang telah dipelajari di rumah
o   Menyusun huruf abjad yang diacak dengan nama hewan yang tepat di lks
o  Mengerjakan test tertulis pada butir soal yang tersedia.

A.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal /orientasi (10 menit)
1.     Guru memberikan apersepsi:
Apa sajakah jenis-jenis hewan yang kamu ketahui?
2.     Guru menyampaikan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran materi yang akan dipelajari
3.     Guru membawa beberapa gambar hewan dan menanyakan namanya pada siswa, siswa menjawab dalam bahasa Indonesia
4.     Guru menyampaikan keterampilan dan informasi yang harus dimiliki siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran.

Kegiatan inti pembelajaran (55 menit)
1.     Guru menunjukkan beberapa gambar hewan dengan menggunakan flash card
2.     Guru melafalkan nama hewan tersebut; siswa mendengarkan
3.     Guru mengulangi kegiatan (1) dan (2); siswa menirukan
4.     Siswa menyebutkan nama-nama hewan yang dipertunjukkan guru
5.     Guru melakukan tanya jawab melalui guessing game (tebak-tebakan) dengan menggunakan ekspresi what is this/that?; siswa menjawab dengan it is a....
6.     Siswa secara berpasangan menuliskan 10  jenis-jenis hewan buas/liar dan hewan jinak dan mencarinya dalam kamus.
7.     Siswa secara individu mengerjakan lks dengan menyusun huruf acak menjadi nama hewan dengan tepat.
Kegiatan Akhir (5 menit)
1.     Siswa Mengerjakan test tertulis yang tersedia
2.     Siswa Menghafal nama-nama hewan yang telah dipelajari dirumah.

B.    MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media
·       Papan tulis
·       Gambar hewan/foster hewan
·       Flashcards/kartu bergambar
Sumber
·       Buku teks
·       Buku yang relevan dengan materi tentang hewan

C.    PENILAIAN:

Teknik Tes:

Tes lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.

Tes tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
Bentuk Tes:
Objektif tes
Essay tes

Instrument Tes:
Butir soal

Butir Soal:

I.                   Choose the correct answer by crossing (X) a, b, or c !

1.     What is it? It is a ...
 
a.     Camel
b.     Mouse deer
c.      Rhinoceros

2.     The .... can flay in the sky

a.     buterflay
b.    Frog
c.     Bird

3.     .... is a wild animal.
a.     Tiger
b.    Lion
c.     Leopard

4.     .... is a tame animal

a.     Cow
b.    Cat
c.     Goat

5.     I like.... very much
a.     Cat
b.    Rabbit
c.     Buffalo
 
II.                 Fill in the blanks by the English word in bracket!

1.     .... (singa) is king in the jungle
2.     I have a .... (kucing)She likes to eat fish
3.     ....(buaya) is awild animals
4.     ....(sapi) likes to eat grass
5.     My body is long. I like to eat frog. I am .... (ular)


Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran


Ini adalah foto saya saat melakukan apersepsi kepada siswa untuk menarik perhatian mereka dengan menunjukkan foster gambar hewan. Pada tahap awal ini mereka hanya menyebutkan nama-nama hewan yang mereka ketahui dari gambar yang dipertunjukkan dalam bahasa indonesia.



Selanjutnya, saya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa, wa...h anak- anak pada dengerin dengan tekun tuch karena mereka akan mengetahui apa yang akan mereka pelajari, bagaimana mempelajarinya, dan apa tujuan mereka mempelajari materi yang akan disajikan.


Nah... ini foto anak-anak saya ketika mereka sedang mendengarkan keterampilan dan informasi apa saja yang harus dimiliki siswa dalam melakukan aktivitas pembelajaran.

















Nah... setelah selesai pada tahap awal kegiatan pembelajaran diatas, saya pun beranjak ketahap inti pembelajaran yakni melalui flashcard inilah saya menyampaikan materi ajar sebagai salah satu media yang digunakan agar pembelajaran menjadi lebih menarik dengan cara, pertama saya melafalkan terlebih dahulu nama-nama hewan yang dipertunjukkan dalam bahasa Inggris, sementara siswa mendengarkan.
Selanjutnya, saya mengulangi kegiatan melafalkan nama hewan kembali, lalu siswa menirukan.
Selanjutnya, untuk menguji daya ingat anak terhadap materi yang telah disajikan saya pun melakukan aktivitas  tanya jawab melalui guessing games (tebak-tebakan) kepada siswa sebagai bagian dari kegiatan inti pembelajaran
















Setelah penyajian materi selesai, saya pun mulai memberikan tugas kepada siswa  yang dikerjakan secara berpasangan. Berikut ini merupkan  foto- foto mereka ...

 
         

Foto-foto diatas ini adalah kegiatan siswa secara berpasangan dalam mengerjakan tugas untuk menemukan nama hewan buas/liar (wild animals) dan  hewan jinak (tame animals).


Sedangkan yang ini adalah foto kegiatan siswa secara individu dalam mengerjakan latihan menyusun huruf abjad yang diacak di lks.                                           


                                       
Nah... setelah menyelesaikan kegiatan inti  diatas, selanjutnya masuklah ketahap akhir pembelajaran yakni siswa mengerjakan butir soal yang telah saya siapkan. Dan ini foto kegiatan siswa saat mengerjakan butir soal diakhir kegiatan pembelajaran.












Demikianlah aktivitas pembelajaran bahasa Inggris yang telah dilakukan. Walau dengan media yang sangat sederhana namun alhamdulillah tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dapat terlaksana dengan baik. Meskipun di sekolah saya fasilitas pembelajaran bahasa Inggris sangat minim, sebagai guru kita tidak boleh apatis dan harus bisa memanfaatkan alat atau sumber lain yang terdapat dilingkungan sekitar dalam membantu proses penyampaian pembelajaran kepada siswa agar lebih mudah dipahami.

 <Mulyani Anggy Putri Rpp Bahasa Inggris>
Nim : 59900 TP Pekanbaru Semester II

2 komentar:

  1. sangat membantu sekali
    terima kasih

    BalasHapus
  2. SANGAT INSPIRATIF BU SBAGAI GURU BHS INGRIS,,,TRIMAKASIH BU

    BalasHapus